ABOUT ME


My Profile
Nama Lengkap                     : Renaldhi Dwidinda Suharno
Nama Panggilan                  : Aldhi
Tempat Tanggal Lahir      : Bogor, 7 Juni 1998
Pendidikan                             : Mahasiswa Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Indonesia
Minat                                        : Kuliner, Musik, Hockey, Sepak Bola, Travelling
Prestasi                                    :
1. Juara Harapan 3, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Bogor Championship tingkat JABODETABEK tahun 2014
2. Juara 2, Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) Bogor Championship tingkat Kota dan Kabupaten Bogor tahun 2013
3. Peserta Jambore Nasional, Kontingen Kota Bogor tingkat Indonesia di Bumi Perkemahan Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan tahun 2011
4. Peserta Jambore Daerah, tingkat Jawa Barat di Bumi Perkemahan Letjen TNI Dr. Mashudi Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang tahun 2010
5. Peserta Jambore Cabang, tingkat Kota Bogor di Yonif 315-Garuda, Gunungbatu, Bogor Barat, Kota Bogor tahun 2010


Achievement & Organisasi  :
1. Wakil Kepala Bidang II, Pengabdian Masyarakat Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia tahun 2017
2. Steering Committee, Program Kerja Aksi Sosial Mahasiswa (AKSIOMA), Pengmas Expo, dan Donor Darah - Pengabdian Masyarakat BEM FTUI tahun 2017
3. Wakil Bendahara Umum Pelepasan Sarjana Baru (PSB) Teknik Industri UI tahun 2016
4. Wakil Pradana (Wakil Ketua Umum) Liman Seta (LS), Liman Seta Wijaya Kusuma (Pramuka) SMAN 1 Kota Bogor periode 2013/2014


Profil Singkat                          :
Hi selamat datang di Blog saya! Perkenalkan nama saya Renaldhi Dwidinda Suharno, biasanya teman-teman saya memanggil saya Aldhi. Saya merupakan mahasiswa Semester 6 Teknik Industri Universitas Indonesia. Blog ini dibuat untuk memenuhi tugas pada Mata Kuliah Sistem Informasi (MIS) - ENIE606027. Diluar kegiatan akademis saya, sejak Sekolah Dasar saya aktif dan senang di kegiatan Pramuka, baik dari tingkat sekolah, tingkat kota, maupun nasional. Berbagai lomba maupun kegiatan Jambore Pramuka saya ikuti dan memenangkan beberapa kejuaraan di SD, SMP, maupun pada saat saya SMA. 


Pada saat SMP, saya mengikuti Jambore Cabang tingkat Kota Bogor yang pada saat itu diselengarakan di Lapangan Yonif 315-Garuda, Gunungbatu, Bogor Barat, Kota Bogor pada tahun 2010. Saya dan teman-teman saya mewakili sekolah kami yaitu SMP Negeri 1 Bogor untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan tersebut berjalan selama 5 hari dan saya mempelajari banyak hal dan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari mulai Wide Game, simulasi kebakaran yang bekerja sama dengan Pemadam Kebakaran Kota Bogor, Lomba 17 Agustus, Lomba permainan tradisional, Api unggun, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, saya mendapatkan teman baru dan pengalaman awal yang sangat berharga.

Pada tahun yang sama, saya mengikuti Jambore Daerah tingkat Jawa Barat yang diselenggarakan di Bumi Perkemahan Letjen TNI Dr. Mashudi Kiarapayung Jatinangor, Kabupaten Sumedang pada tahun 2010. Kegiatan tersebut berjalan selama 7 hari dan untuk mewakili Kota Bogor di tingkat Jawa Barat harus melalui proses penyeleksian terlebih dahulu. Saya mendapatkan banyak hal, kegiatan-kegiatan yang menarik seperti parade setiap kota menampilkan budaya dan adat masing-masing, lomba-lomba kepramukaan, Api Unggun sekaligus Wide Game menelusuri perkemahan maupun perumahan-perumahan dan desa yang ada di sana dan masih banyak lagi. 

Satu tahun setelahnya, saya mengikuti Jambore Nasional tingkat Indonesia mewakili Kontingen Kota Bogor yang diselenggarakan di Buper Teluk Gelam, Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan pada tahun 2011. Kegiatan tersebut berjalan selama 9 hari. Dari kegiatan tersebut saya mengetahui wawasan lebih luas lagi mengenai Organisasi Pramuka tingkat Indonesia, Simulasi cara bertahan di hutan liar, diperkenalkan budaya dan adat di Palembang, wisata alam dan perkotaan di Kota Palembang, mengikuti kegiatan olahraga air, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu saja, saya dapat berkenalan dengan seluruh penggalang pramuka di seluruh Indonesia dan mengetahui kultur dan budaya Pramuka di masing-masing daerah. 

Pada saat masa SMA, saya masih tertarik untuk melanjutkan minat saya di Pramuka dan saya memilih untuk mengikuti Organisasi Pramuka LSWK (Liman Seta Wijaya Kusuma) di sekolah saya. Pada tahun ke-2 di SMA, alhamdulillah saya diamanahkan menjadi Wakil Pradana (Wakil Ketua Umum) Liman Seta Periode 2013/2014. Berbagai kegiatan dilakukan dan menjalankan beberapa Program Kerja Sosial seperti Scout In Action, mengadakan Lomba Pramuka tingkat Kota Bogor yang bernama Gembara Kreka Bhumi dan masih banyak lagi. Pada saat bulan Agustus 2014, dimana periode pergantian kepengurusan baru atau regenerasi, saya diamanahkan menjadi Ketua Umum pada Pendidikan Dasar Kepeminpinan yang dilaksanakan kurang lebih selama 2.5 bulan. 

Tidak hanya berfokus di Organisasi Pramuka saja, saya pun sempat mengikuti beberapa Lomba Ketangkasan Baris Berbaris (LKBB) dari Semi-Organisasi Paskibra yaitu Pandawa16 pada tahun ke-1 dan ke-2 di SMA. Alhamdulillah saya sempat mengikuti 2 perlombaan dan berhasil membawa piala untuk SMA Negeri 1 Kota Bogor dengan meraih Juara 2 Lomba Ketangkasan Baris Berbaris Bogor Championship tingkat Kota dan Kabupaten Bogor pada tahun 2013 dan Juara Harapan 3 Lomba Ketangkasan Baris Berbaris Bogor Championship tingkat JABODETABEK pada tahun 2014. Suatu kebanggan tersendiri dapat memenangi 2 perlombaan tersebut. 

Masuk ke dunia perkuliahan, saya memilih untuk mengikuti Organisasi Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Bulan Januari 2017, saya diamanahkan menjadi Wakil Kepala Bidang II Pengabdian Masyarakat BEM FTUI periode 2017. Suatu kebanggaan tersendiri dapat menjalani kehidupan dibidang Pengabdian Masyarakat yang dapat turun langsung ke masyarakat dan berinteraksi langsung kepada orang-orang sekitar, terutama di lingkungan Fakultas Teknik. Senang rasanya dapat berkanalan lebih dengan warga non-mahasiswa (pedagang kantin, karyawan, satpam) di lingkungan Fakultas Teknik. Selama menjalani 1 tahun kepengurusan, saya menjadi Steering Committee dari Program Kerja Pengabdian Masyarakat BEM FTUI 2017 yaitu Aksi Sosial Mahasiswa (AKSIOMA), Pengmas Expo, dan Kegiatan Donor Darah. 


Terdapat 5 Program Kerja dan 5 Kegiatan yang saya jalankan selama 1 tahun kepengurusan, yaitu Aksi Relawan Teknik (ART) FTUI yang bekerjasama dan mengundang Brimob Kelapa Dua untuk menjadi fasilitator Pelatihan Relawan Kebencanaan. Earth's Week yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan memperkenalkan mahasiswa FTUI terhadap lingkungan hidup. Kerja Sosial (KERSOS) FTUI merupakan kegiatan sosial terbesar di FTUI yang diselenggarakan di Desa Jayamanik Banten. Aksi Sosial Mahasiswa (AKSIOMA) FTUI yang melibatkan seluruh mahasiswa baru dalam memperkenalkan dunia Pengmas dimana kegiatan tersebut dikemas dalam beberapa rangkaian kegiatan yang menarik. Pengmas Expo yang diselenggarakan di Lobby Gedung K dalam bentuk Pameran yang menampilkan dokumentasi Kegiatan Pengmas se-IKM FTUI selama 1 tahun kepengurusan. Untuk Kegiatannya yaitu Guyub Bareng BEM I dan II: Lomba Masak yang melibatkan seluruh pengurus BEM FTUI 2017 dan warga non-mahasiswa (pedagang Kantin Teknik, Satpam, dan Karyawan) untuk berinteraksi dan kenal lebih jauh dengan mereka. Donor Darah yang bekerja sama dengan PMI Kota Bogor. Social Visit yang diselenggarakan di Sekolah Karang Pola, Pasar Minggu dan bekerja sama dengan TIS FTUI, serta Awareness Day untuk memperingati pada hari-hari besar sosial di Indonesia maupun dunia, dikemas dalam bentuk kajian dan poster lalu disebarkan melalui media sosial BEM FTUI. 

My Contact
LinkedIn: Renaldhi Dwidinda Suharno 
Email: renaldhids98@gmail.com

Comments