Semantic Web Approach towards E-Commerce


V. Kiran Kumar1, S. Murali Mohan2
Department of Computer Science, Dravidian University, Kuppam, India
Controller of Examinations, Vikrama Simhapuri University, Nellore, India.

Electronic Commerce (e-commerce) telah berkembang dengan luar biasa dengan penggunaan internet yang luas dan banyak perusahaan yang datang ke untuk memulai perdagangan online untuk mengembangkan bisnis mereka. Teknologi semantik memainkan peran penting untuk menyediakan data yang dapat dimengerti oleh mesin. Penerapan Semantic Web di bidang e-business sangat luas dan signifikan dalam hal pertukaran informasi antara kelompok bisnis yang berbeda untuk tujuan bersama atau kolektif. Menurut World Wide Web Consortium (W3C), "The Semantic Web menyediakan kerangka umum yang memungkinkan data dibagi dan digunakan kembali di seluruh batasan aplikasi, perusahaan, dan masyarakat." Istilah ini diciptakan oleh Tim Berners-Lee untuk jaringan data yang bisa diolah oleh mesin.

Belanja online sekarang menjadi sangat populer karena ketersediaan internet yang luas. Keuntungan utama dari e-commerce adalah kita dapat melewati batas geografis dan dapat memperluas bisnis kita di seluruh dunia. Kita dapat memiliki konsumen atau pembeli dari belahan dunia manapun. Ini akan mudah untuk menemukan produk dari situs web menggunakan fasilitas pencarian yang tersedia secara online. Toko fisik konvensional akan mempertahankan produk yang bergerak cepat hanya karena ruang tersedia di toko-toko. Tapi semua produk bisa ditempatkan secara online; maka produk langka bisa dibeli secara online. Ada banyak situs e-commerce yang ada saat ini. Konsumen dapat melihat-lihat situs web yang berbeda untuk membandingkan harga dan dapat memutuskan untuk memilih produk dengan biaya lebih murah. Mengingat lalu lintas padat dan jadwal sibuk, konsumen tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli produk, kita bisa membeli secara online untuk menghemat waktu. Di toko fisik, hanya informasi singkat tentang produk yang tersedia di kemasan, namun kami bisa mendapatkan informasi rinci tentang produk secara online dengan dokumentasi lengkap yang tersedia. Aspek lain dari pembelian online adalah kita dapat membeli produk secara online sepanjang 24x7. Semua transaksi pembayaran dilakukan secara online hanya dilakukan dalam mode elektronik. Karena proses e-commerce otomatis sebagian besar dibutuhkan lebih sedikit karyawan untuk pekerjaan kelas bawah. Sumber daya manusia dapat digunakan secara lebih efektif untuk fungsi tingkat yang lebih tinggi. Logistik adalah kunci sukses bisnis e-commerce.

Teknologi Semantic Web memungkinkan mesin untuk menafsirkan data yang dipublikasikan dalam bentuk mesin yang bisa ditafsirkan di web. Data web e-commerce yang ada dapat dimengerti oleh manusia untuk dibaca namun mesin tidak dapat memprosesnya karena kurangnya semantik. Untuk mendapatkan keuntungan menggunakan belanja online, konsumen perlu mencari berbagai situs web e-commerce dengan harga produk yang lebih baik. Dengan tambahan teknologi web semantik, kita bisa mencapai web tingkat berikutnya dimana gudang pengetahuan tersedia untuk pemahaman data web yang lebih baik. Ini memudahkan pencarian yang lebih baik, penyaringan yang akurat dan pengambilan data secara cerdas.


Akses Jurnal dapat melalui: Semanthic Scholar

Comments