V. Kiran Kumar1, S. Murali
Mohan2
Department of Computer Science,
Dravidian University, Kuppam, India
Controller of Examinations, Vikrama
Simhapuri University, Nellore, India.
Electronic Commerce (e-commerce) telah berkembang
dengan luar biasa dengan penggunaan internet yang luas dan banyak perusahaan
yang datang ke untuk memulai perdagangan online untuk mengembangkan bisnis
mereka. Teknologi semantik memainkan peran penting untuk menyediakan data yang
dapat dimengerti oleh mesin. Penerapan Semantic Web di bidang e-business sangat
luas dan signifikan dalam hal pertukaran informasi antara kelompok bisnis yang
berbeda untuk tujuan bersama atau kolektif. Menurut World Wide Web Consortium
(W3C), "The Semantic Web menyediakan kerangka umum yang memungkinkan data
dibagi dan digunakan kembali di seluruh batasan aplikasi, perusahaan, dan
masyarakat." Istilah ini diciptakan oleh Tim Berners-Lee untuk jaringan
data yang bisa diolah oleh mesin.
Belanja online sekarang menjadi sangat populer karena
ketersediaan internet yang luas. Keuntungan utama dari e-commerce adalah kita
dapat melewati batas geografis dan dapat memperluas bisnis kita di seluruh
dunia. Kita dapat memiliki konsumen atau pembeli dari belahan dunia manapun.
Ini akan mudah untuk menemukan produk dari situs web menggunakan fasilitas pencarian
yang tersedia secara online. Toko fisik konvensional akan mempertahankan produk
yang bergerak cepat hanya karena ruang tersedia di toko-toko. Tapi semua produk
bisa ditempatkan secara online; maka produk langka bisa dibeli secara online.
Ada banyak situs e-commerce yang ada saat ini. Konsumen dapat melihat-lihat
situs web yang berbeda untuk membandingkan harga dan dapat memutuskan untuk
memilih produk dengan biaya lebih murah. Mengingat lalu lintas padat dan jadwal
sibuk, konsumen tidak perlu pergi ke pasar untuk membeli produk, kita bisa
membeli secara online untuk menghemat waktu. Di toko fisik, hanya informasi
singkat tentang produk yang tersedia di kemasan, namun kami bisa mendapatkan
informasi rinci tentang produk secara online dengan dokumentasi lengkap yang
tersedia. Aspek lain dari pembelian online adalah kita dapat membeli produk
secara online sepanjang 24x7. Semua transaksi pembayaran dilakukan secara
online hanya dilakukan dalam mode elektronik. Karena proses e-commerce otomatis
sebagian besar dibutuhkan lebih sedikit karyawan untuk pekerjaan kelas bawah.
Sumber daya manusia dapat digunakan secara lebih efektif untuk fungsi tingkat
yang lebih tinggi. Logistik adalah kunci sukses bisnis e-commerce.
Teknologi Semantic Web memungkinkan mesin untuk
menafsirkan data yang dipublikasikan dalam bentuk mesin yang bisa ditafsirkan
di web. Data web e-commerce yang ada dapat dimengerti oleh manusia untuk dibaca
namun mesin tidak dapat memprosesnya karena kurangnya semantik. Untuk
mendapatkan keuntungan menggunakan belanja online, konsumen perlu mencari
berbagai situs web e-commerce dengan harga produk yang lebih baik. Dengan
tambahan teknologi web semantik, kita bisa mencapai web tingkat berikutnya
dimana gudang pengetahuan tersedia untuk pemahaman data web yang lebih baik.
Ini memudahkan pencarian yang lebih baik, penyaringan yang akurat dan
pengambilan data secara cerdas.
Comments
Post a Comment