1Asia e University, Malaysia,
{zaid.aljarah; roshayu.mohamad }@gmail.com
2Taif University, Kingdom of Saudi
Arabia, smfdsm@gmail.com
Jurnal ini membahas
model-model sebelumnya yang dibangun untuk mengelola pengetahuan dalam konteks
organisasi pada layanan kesehatan. Penelitian sebelumnya difokuskan pada saran
implementasi untuk inisiatif manajemen pengetahuan yang ditujukan untuk mengoptimalkan
pada layanan kesehatan. Jurnal ini membahas model
manajemen pengetahuan sebelumnya di organisasi kesehatan serta dalam penciptaan,
pemindahan dan penggunaan pengetahuan medis oleh staf medis dan non-medis. Tiga
model ditinjau dan perhatian diberikan pada komponen dan tugas masing-masing
komponen. Enam tema umum disintesis dari model ini untuk memahami kekurangan
masing-masing model. Tema dan kekurangan mereka dijelaskan di bawah analisis
kesenjangan untuk masing-masing model ini. Studi menyeluruh terhadap model ini
akan membantu mewujudkan metodologi yang memadai dalam mendekati masalah
pengelolaan pengetahuan di organisasi layanan kesehatan.
Selain itu, memahami kelemahan model ini akan membantu dalam mengembangkan kerangka kerja yang diajukan dan mengingat bagaimana cara mengatasinya. Literatur yang dipelajari dan model sebelumnya kurang berfokus dengan luas dan terperinci mengenai peran Manajemen Tingkat Atas dalam penciptaan dan pembagian pengetahuan. Selain itu, proses yang terlibat dalam penciptaan, pemindahan dan penerapan pengetahuan di dalam organisasi layanan kesehatan mungkin berbeda berdasarkan sifat pekerjaan masing-masing kelompok karyawan (Manajemen Tingkat Atas, dokter, asisten medis, juru tulis). Oleh karena itu, akan sangat berharga untuk menyelidiki lebih jauh perbedaan ini dan apa pengaruh perbedaan ini saat mengelola pengetahuan di dalam organisasi pada layanan kesehatan.
Akses Jurnal dapat melalui : Perpustakaan Sultanah Bahiyah
Comments
Post a Comment