A Review of Three Models for Knowledge Management in Healthcare Organizations


Zaid A. Sabeeh1, SMFD Syed Mustapha2, and Roshayu Mohamad1
1Asia e University, Malaysia, {zaid.aljarah; roshayu.mohamad }@gmail.com
2Taif University, Kingdom of Saudi Arabia, smfdsm@gmail.com


Jurnal ini membahas model-model sebelumnya yang dibangun untuk mengelola pengetahuan dalam konteks organisasi pada layanan kesehatan. Penelitian sebelumnya difokuskan pada saran implementasi untuk inisiatif manajemen pengetahuan yang ditujukan untuk mengoptimalkan pada layanan kesehatan. Jurnal ini membahas model manajemen pengetahuan sebelumnya di organisasi kesehatan serta dalam penciptaan, pemindahan dan penggunaan pengetahuan medis oleh staf medis dan non-medis. Tiga model ditinjau dan perhatian diberikan pada komponen dan tugas masing-masing komponen. Enam tema umum disintesis dari model ini untuk memahami kekurangan masing-masing model. Tema dan kekurangan mereka dijelaskan di bawah analisis kesenjangan untuk masing-masing model ini. Studi menyeluruh terhadap model ini akan membantu mewujudkan metodologi yang memadai dalam mendekati masalah pengelolaan pengetahuan di organisasi layanan kesehatan.

            Selain itu, memahami kelemahan model ini akan membantu dalam mengembangkan kerangka kerja yang diajukan dan mengingat bagaimana cara mengatasinya. Literatur yang dipelajari dan model sebelumnya kurang berfokus dengan luas dan terperinci mengenai peran Manajemen Tingkat Atas dalam penciptaan dan pembagian pengetahuan. Selain itu, proses yang terlibat dalam penciptaan, pemindahan dan penerapan pengetahuan di dalam organisasi layanan kesehatan mungkin berbeda berdasarkan sifat pekerjaan masing-masing kelompok karyawan (Manajemen Tingkat Atas, dokter, asisten medis, juru tulis). Oleh karena itu, akan sangat berharga untuk menyelidiki lebih jauh perbedaan ini dan apa pengaruh perbedaan ini saat mengelola pengetahuan di dalam organisasi pada layanan kesehatan.


Akses Jurnal dapat melalui : Perpustakaan Sultanah Bahiyah

Comments