Role of Information Systems in KSA Small and Medium Enterprises


Aasim Zafar1, Ahood I. Almaleh2, Sabah Alshahri3, Sahar S. Alqahtani4, Nourah D. Alqahtani5
Department of Information Systems, Faculty of Computing & Information Technology, King Abdul Aziz University, Jeddah, Saudi Arabia1,2,3,4,5

Informasi telah menjadi sumber daya dasar dalam sistem ekonomi, terutama disebuah perusahaan. Dalam rangka mempertahankan perusahaan untuk melanjutkan dan bertahan hidup, perlu untuk mengumpulkan dan menyimpan segala sesuatu yang membantu mereka melayani aktivitas mereka, dan dari sini, perusahaan perlu mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mentransmisikan informasi tersebut melalui sistem informasi. Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dipengaruhi oleh perubahan dalam lingkungan bisnis seperti perkembangan yang luas di informasi teknologi dan sistem komunikasi. Sebagai manajemen dan sistem tradisional untuk membuat usaha kecil dan menengah mampu bersaing, tumbuh dan bertahan hidup, penggunaan teknologi modern dan sistem untuk manajemen kontemporer telah menjadi sebuah kebutuhan. Sistem Informasi (SI) diperkenalkan untuk membantu dalam pertumbuhan dan kelangsungan hidup UKM dengan tujuan meningkatkan proses dalam perusahaan.

Di Arab Saudi, UKM mewakili sekitar 93% dari total perusahaan dan sekitar 24,7% dari total lapangan kerja. Sistem informasi (SI) saling berhubungan dan mengorganisir komponen orang, perangkat keras komputer, perangkat lunak, jaringan komunikasi, dan sumber data yang beroperasi bersama untuk mengumpulkan, memproses dan menyampaikan informasi dan pengetahuan. Perusahaan komersial dan organisasi lainnya mengandalkan SI untuk mengelola prosesnya, berinteraksi dengan pelanggan dan pemasok mereka, dan memproses dan mengelola akun keuangan dan sumber daya manusianya. Saat ini, kebanyakan UKM tidak dapat tumbuh dan bertahan tanpa menggunakan SI. SI memberikan dasar informasi yang membantu perusahaan ini memecahkan masalah yang mereka hadapi. Ini juga membantu mereka mengelola proses perencanaan penjualan dan kontrol, dan ini mengarah pada peningkatan kemajuan produk perusahaan.


Akses Jurnal dapat melalui: International Journal of Advanced Research in Computer and Communication Engineering.

Comments